Sama seperti barang elektronik yang lain, kinerja laptop juga biasanya akan turun seiring berlalunya waktu.

Walaupun bisa diakali dengan service, namun, ada beberapa orang yang memilih untuk sekalian menggantinya dengan yang baru.

Sampai sekarang, ada banyak laptop yang tersedia di pasaran. Harga serta modelnya juga beragam pilihan laptop terbaik yang bisa kalian pilih dan sesuaikan.

Nah, untuk kalian yang berniat membeli laptop baru, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips membeli laptop baru yang harus kalian perhatikan.

1.Ukuran Laptop dan Media Penyimpanan

Ukuran Laptop dan Media Penyimpanan

Pertimbangkan terlebih dulu ukuran dari laptop baru yang ingin kalian beli. Ukuran layar yang kalian pilih akan mempengaruhi ukuran laptop.

Ada baiknya, kalian memilih laptop yang paling sesuai untuk kalian. Jika kalian membutuhkan profitabilitas tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran yang kecil.

Karena, dengan begitu kalian bisa mobile, berpindah tempat dengan mudah berkat dimensinya yang kecil.

Laptop yang mobil juga biasanya memiliki layar dengan ukuran 12,5 inci hingga 13,3 inci. Laptop semacam ini punya bobot antara 1 kg hingga 1,5 kg.

Namun, jarang sekali laptop dengan ukuran tersebut memiliki spesifikasi yang sangat – sangat kencang. Kalian tidak akan menemukan laptop dengan prosesor Intel Core i7 di perangkat se kecil ini.

Jika kalian membutuhkan laptop dengan ukuran besar, bodi tebal akan kalian butuhkan untuk menyimpan komponen yang berharga.

Biasanya, laptop semacam ini memiliki layar dengan ukuran 14 inci hingga 17,3 inci. Bobotnya sendiri bisa mencapai 2 kg.

Media penyimpanan berjeniskan harddisk memang banyak dipilih pada masa lalu. Meski punya kapasitas super-besar, biasanya harganya tidak terlalu mahal.

Bandingkan dengan SSD. Meski kecil dan kencang, harganya bisa dibilang jauh lebih mahal. Harga SSD 128 GB bisa dua kali lipat harddisk.

Meski begitu, SSD saat ini lebih banyak dipilih. Alasannya sederhana, SSD menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi dari harddisk.

Nah, jika kalian butuh laptop untuk menyimpan banyak data, sebaiknya pilih saja laptop berbasiskan harddisk. Apabila kalian butuh kecepatan, seperti untuk main game atau desain, pilih saja SSD.

Satu hal yang harus kalian ingat, laptop dengan SSD berkapasitas besar, biasanya punya harga yang mahal ya. Biasanya, laptop dengan SSD 512 GB punya harga lebih mahal dari laptop dengan harddisk 2 TB.

2.Desain, Keyboard, dan Daya Baterai

2.Desain, Keyboard, dan Daya Baterai

Bicara mengenai laptop, pasti hal pertama yang kita lihat dari sebuah laptop adalah desainnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, laptop pun memiliki berbagai inovasi terutama dari segi desainnya.

Jika dulunya laptop berukuran tebal, saat ini kalian bisa menemukan yang super tipis. Jika dulu layar dan keyboard menyatu, saat ini sudah ada model 2 in 1 yang memungkinkan layar serta keyboard itu bisa dilepas pasang atau dilipat hingga 360 derajat.

Desain futuristic memang terkadang membuat orang – orang tertarik. Namun demikian, yang sebenarnya harus diperhatikan adalah ketahanannya, apalagi di bagian engsel.

Lebih baik kalian merasakan sendiri bagaimana desain laptop yang menjadi incaran. Apakah desainnya sudah solid dan tahan banting atau belum.

Tiap merek laptop memiliki desain keyboard masing-masing. Jika kalian hendak menggunakan laptop dalam waktu yang lama, pastikan keyboard itu terasa nyaman di tangan.

Hal ini karena kenyamanan akan berpengaruh terhadap kinerja kalian. Yang perlu diperhatikan ialah jarak antar tombol, permukaan tombol, hingga responsivitas saat kalian menekan tombol keyboard. Pastikan juga semua tombol bisa berfungsi dengan baik.

Poin ketiga ini menjadi salah satu pertimbangan penting yang wajib diperhatikan saat membeli laptop baru. Rata-rata, laptop yang dijual memiliki daya tahan baterai kira-kira 6 – 8 jam. Sehingga saat kalian bermain slot online memiliki waktu yang panjang dan tentunya tidak terhambat dengan kapasitas baterai.

Harus diakui, ketahanan baterai agak sulit diukur karena tergantung pemakaian laptop, apilkasi yang dijalankan, serta jenis prosesor yang dipakai. Karenanya, sangat dianjurkan untuk membaca berbagai ulasan soal laptop yang ingin kalian beli.

Pastikan juga kalian mampu merawat baterai laptop sebaik mungkin supaya performanya tetap oke. Misalnya, tidak melakukan charge terus-menerus, tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis atau 0%, baru di-charge, atau menge-charge laptop dalam keadaan mati.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum membeli laptop. Semoga bermanfaat.