Instagram kini tengah mencoba untuk memungkinkan para konten kreator mendapatkan uang ketika tengah melakukan siaran langsung di Instagram.

Hal ini dibuktikan dengan setelah Instagram meluncurkan fitur memonetisasi ketika mereka melakukan Instagram Live bernama Badges belum lama ini.

Fitur baru bernama Badges ini disediakan Instagram baru untuk para kreator yang ada di wilayah Amerika Serikat saja. Hingga saat ini Instagram belum memberikan keterangan lebih lanjut dengan fitur monetisasi yang mereka luncurkan ini. Kemungkinan mereka juga akan meluncurkan fitur ini pada wilayah lain, termasuk dengan di Indonesia.

Sebelum Instagram secara resmi meluncurkan fitur ini, mereka sebelumnya melakukan uji coba dengan menggunakannya pada segelintir kreator Instagram di Amerika Serikat di tahun 2020 lalu.

Sebenarnya fitur Badges ini memiliki kegunaan untuk membuat para pengikut konten kreator di Instagram bisa menunjukkan dukungan mereka kepada konten kreator favorit, khususnya dengan mendukung mereka secara materiil.

Jika kamu sudah sering menyaksikan Live Broadcast yang ada di Twitch atau Youtube, ini mirip dengan fitur Tip. Sedangkan di Instagram, fitur Badges ini akan diwakili dengan bantuk ikon heart. Nah, para pengguna ini bisa membeli Badges mereka sampai dengan tiga level ketika sedang menonton IG Live dari krator favorit mereka.

  • Level 1 adalah Badges dengan 1 hati seharga 0,99 dollar AS sekitar Rp 14.000)
  • Level 2, badges dengan 2 hati seharga 1,99 dollar (sekitar Rp 28.200)
  • Level 3, badges dengan 3 hati seharga 4,99 dollar AS (sekitar Rp 70.800).

Ketika para penonton di Instagram membeli Badges, maka besaran nominal yang mereka beli ini akan masuk ke para kreator Instagram. Keuntungan yang akan didapatkan oleh para kreator ini tidak akan dipotong oleh pihak Instagram sepeser pun sampai tahun 2023.

Meski demikian, sepertinya para kreator tetap tidak akan mendapatkan keuntungan 100 persen dari Badges yang mereka dapatkan, karena masih harus dipotong dengan pajak serta potongan biaya. Ini karena Instagram telah mencatat kalau Apple juga Google akan memotong sebesar 30 persen ketika melakukan pembelian di dalam aplikasi.

Jika kamu seorang kreator di Instagram dan ingin memanfaatkan fitur ini, ada beberapa ketentuan yang harus kamu penuhi.

Pertama, kamu harus berdomisili di Amerika Serikat, lalu kamu harus berusia minimal 18 tahun, memiliki akun yang berupa akun bisnis atau pun kreator, dan terakhir setidaknya akun Instagrammu harus memiliki 10.000 followers.

Bukan itu saja, kamu juga harus mau memenuhi segala kebijakan dan juga pedoman yang Instagram miliki, termasuk dengan Monetisasi Mitra, kebijakan dari pedoman komunitas, hingga kebijakan monetisasi konten.

Jika kamu sudah memenuhi semua hal di atas, maka kamu bisa mengaktifkannya dengan membuka Profile, Professional Dashboard, Apply for Monetizaton, dan Set up Badges.  

Kategori: Berita