Danrivanto Budhijanto, Ahli Ilmu Hukum Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Universitas Padjajaran, mengatakan kalau saat ini generasi muda Indonesia semakin memiliki potensi untuk dapat memenangkan teknologi global, khususnya pada segi teknologi digital.

Ia juga menjelaskan kalau generasi muda saat ini serin disurutkan karena memiliki gaya hidup yang semuanya serba tekologi, mereka menjadi terbuai. Padahal menurut Danrivanto, ini bukan merupakan hal yang buruk dan bahkan menjadi modal yang tidak negara lain miliki.

 Danrivanto merasa kalau anak generasi milenial yang ada di Indonesia saat ini memiliki kemampuan dalam melakukan adaptasi, memberikan inovasi, dan melakukan kolaborasi terhadap teknologi, khususnya teknologi digital.

Mungkin saat ini teknologi lebih mengarah kepada pusat dari kehidupan kita, namun Danrivanto percaya kalau nantinya Indonesia bisa masuk ke tahap penggunaan teknologi sebagai pusat dari kemanusiaan. Sehingga akan ada keseimbangan antara teknologi dan juga humanitas.

Generasi muda harus memiliki rasa ingin tahu agar kita dapat memenangkan pertempuran teknologi global ini. Inilah yang selalu diingatkan oleh Prof. Dr. Bacharuddin Jusuf Habibie, Bapak Teknologi Indonesia yang juga merupakan Presiden RI ketiga.

Karena rasa ingin tahu yang dimiliki oleh generasi muda tersebut, ini bisa membantu dalam meneruskan nilai perjuangan yang ada selama ini. Generasi muda tidak boleh kehilangan nilai-nilai dalam hal teknologi, tidak boleh juga keluar dari nilai kemanusiaan juga Kebangsaan, sehingga bisa membuat hasil kontribusi untuk bangsa dan juga rakyat nantinya.

Misalnya, ada generasi muda yang memiliki kemampuan untuk membuat game Online, atau dia memiliki keampuan di bidang kreatif seperti fashion design. Maka dengan kemampuan yang dimiliki tersebut mereka bisa membantu untuk memberikan kontribusi kepada ekonomi digital yang ada di Indonesia.

Diharapkan inovasi teknologi ini lebih diperhatikan pemerintah, Danrivanto pun mengatakan kalau pemerintah saat ini melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional bisa melakukan kolaborasi bersama dengan generasi muda.

Anak-anak milenial diyakini memiliki daya adaptasi yang baik, bahkan kemampuan dalam memonetasi teknologi digital sudah lebih baik dibandingkan rata-rata bangsa umumnya.

Harus ada kanalisasi yang baik oleh pemerintah dan juga industri, sehingga mereka bisa memberikan semangat kepada generasi muda dalam melakukan inovasi.

Kategori: Berita