Sampai dengan sejauh belakangan ini, Instagram sudah memiliki beberapa format video yang disematkan pada platformnya mulai dari video di feed, IGTV, hingga Reels. Ketiga hal tersebut adalah sebuah format video yang terpisah dan juga ditampilkan di dalam tab yang juga berbeda.

Namun untuk sekarang ini, Instagram terlihat mau membuat format video menjadi sesuatu yang lebih ringkas. Karena, Instagram diketahui baru saja memustuskan untuk menggabungkan video IGTV dan video di feed kedalam satu tab khusus.

Nama dari IGTV dan video di feed yang biasanya kita kenal juga diubah menjadi “Instagram Video“. Pengumuman ini disampaikan langsung dari sepotong unggahan pada halaman resmi Facebook Newsroom.

“Mulai hari ini, kami menggabungkan IGTV dan video feed ke dalam satu format, yaitu Instagram Video,” tulis Instagram.

Instagram juga memberikan pengungkapan bahwa penggabungan video feed dan IGTV ini memiliki tujuan agar bisa memberikan kemudahan untuk para penggunanya saat mereka membuat dan juga memberikan kemudahan untuk menemukan video promosi slot online di Instagram.

Karena itulah, Instagram juga mempercayai bahwa format video saat ini sudah menjadi format utama yang dipakai oleh para pengguna untuk berbagi kisah, menghibur, dan juga untuk terhubung dengan audiens mereka.

Setelah digabung, pengguna nantinya juga masih akan bisa mengunggah video dengan cara yang sama seperti biasanya. “Anda masih dapat mengunggah video dengan cara yang sama, yakni dengan cara mengklik ikon ‘+’ di atas halaman beranda Instagram dan memilih format ‘Post’,” tulis Instagram, Rabu 6 Oktober 2021.

Namun, Instagram belum memberikan penjelasan dengan detail berapa durasi yang akan diberikan untuk format baru Instagram Video ini.

Tapi, kalau dilihat dari durasi format video feed dan IGTV sebelumnya, sepertinya nanti durasi Instagram Video nantinya juga akan memiliki durasi yang sama dengan durasi IGTV yang bisa dibilang lebih panjang. Sebagai informasi, IGTV memungkinkan pengguna mengunggah video yang panjangnya antara 1 menit hinga 60 menit.

Sedangkan untuk durasi video yang bisa diunggah di feed bisa selama sekitar 3 detik sampai 1 menit. selain itu juga, karena akan digabung dan disatukan, maka Instagram juga ikut memperkenalkan tab video baru pada profil pengguna agar bisa menampilkan konten dengan format baru Instagram Video.

Instagram sendiri sebenarnya belum tak menyebutkan dengan lebih spesifik mengenai apa nama dari tab baru ini. Namun, tab baru-baru ini disebut-sebut akan diberikan nama Instagram TV.

Dari gambar yang dibagikan oleh akun Instagram, tab baru Instagram TV nantinya akan terlihat diwakilkan dengan ikon segitiga yang mirip dengan tombol “play”. Tab baru inilah yang nantinya akan mengganti tab IGTV yang selama ini ada pada profil pengguna. Tepatnya diletakkan pada antara tab Reels dan tab Tag.

Kategori: Berita